Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Kebutuhan dan Produksi Sayuran di Indonesia

Menurut Direktur Budidaya Tanaman Sayuran dan Biofarmaka Ditjen Hortikultura konsumsi sayuran penduduk Indonesia masih di bawah standar yang ditetapkan oleh Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO) yaitu baru mencapai 73 kg/kapita/tahun, sedangkan standar kecukupan untuk sehat sebesar 91,25 kg/kapita/tahun. Sementara itu konsumsi sayuran penduduk Indonesia menurut data Departemen Pertanian (Deptan) pada tahun 2005 sebesar 35,30 kg/kapita/tahun, tahun 2006 sebesar 34,06 kg/kapita/tahun, tahun 2007 meningkat sebesar 40,90 kg/kapita/tahun dan tahun 2008 mengalami penurunan kembali menjadi 37,59 kg/kapita/tahun (Anonim 2009).

Berkaitan dengan hal tersebut, Deptan telah mencanangkan program “Gema Sayuran” di tingkat propinsi di seluruh wilayah Indonesia. Program ini telah dilakukan sejak tahun 2006 di Aceh Besar, tahun 2009 di NTB dan tahun 2010 akan dilakukan di Pekanbaru, Riau. Tujuan program ini adalah untuk memasyarakatkan konsumsi sayuran guna meningkatkan gizi keluarga/masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa, memperbaiki pandangan masyarakat terhadap sayuran produk petani Indonesia, membangun rasa bangga mengkonsumsi produk pertanian Indonesia, mendorong peningkatan produk sayuran Indonesia, meningkatkan hidup sehat bergizi dengan pangan, vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang cukup, serta mendorong pengembangan keanekaragaman produk sayuran (Anonim 2009).

Selain konsumsi, produksi sayuran dalam negeri juga masih rendah. Berdasarkan data produksi sayuran Ditjen Hortikultura bahwa produksi sayuran (di luar jamur) pada 2008, baru mencapai 8,72 juta ton. Jumlah tersebut menurun sebesar 1,43% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menyebabkan produk sayuran pasar dalam negeri masih didominasi oleh produk sayuran dari luar negeri dan menyebabkan Indonesia masih harus mengimpor kekurangannya seperti pada tahun 2006, Indonesia mengimpor lebih dari 16 jenis sayuran sebanyak 550.437,6 ton dan pada tahun 2007 volumenya meningkat menjadi 782.734,8 ton (Iriana dan Suhendar 2009).

Contoh lain dari penurunan produksi komoditas hortikultura adalah produksi bawang merah pada tahun 2004 sebesar 757 ribu ton. Jumlah tersebut menurun sebesar 0,7% dibandingkan dengan produksi tahun sebelumnya walaupun luas panen pada tahun tersebut meningkat sebesar 1,3%. Penurunan produksi ini disebabkan oleh penurunan produktivitas bawang merah pada tahun 2004 yang diakibatkan oleh tingginya curah hujan yang dapat meningkatkan serangan hama dan patogen tanaman. Berlawanan dengan bawang merah, produksi bawang daun pada tahun 2003 mencapai 345,7 ribu ton atau meningkat sebesar 9,7% dibandingkan dengan produksi tahun sebelumnya. Namun, luas panen bawang daun pada tahun 2003 menurun sebesar 7,5% dibandingkan tahun sebelumnya (Deptan 2009).

Produksi beberapa jenis tanaman sayuran mengalami fluktuasi. Produksi bawang merah, bawang putih, dan wortel pada 1998, masing-masing mengalami kenaikan 17%, 4%, dan 29% dibandingkan 1997. Pada jenis tanaman yang sama, yang mengalami penurunan adalah hasil kentang, tomat dan kubis, masing-masing 13%, 9%, dan 7% (Portal Indonesia 2007). Neraca perdagangan komoditas hortikultura secara total pada tahun 2003 dan 2004 sudah mencapai defisit masing-masing sebesar USD 105,4 juta dan USD 163,7 juta. Defisit neraca perdagangan hortikultura tersebut disebabkan oleh defisit pada komoditas buah-buahan dan sayuran. Pada tahun 2003 defisit neraca perdagangan buah-buahan dan sayuran masing-masing mencapai USD 63,5 juta dan USD 55,7 juta sedangkan pada tahun 2004 masing-masing meningkat mencapai USD 101,8 juta dan USD 76,7 juta (Deptan 2009).

Penurunan produksi sayuran juga mengakibatkan menurunnya pasokan rata-rata sayuran di pasar. Contohnya pasokan cabai di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta pada bulan Maret minggu ke-4 menurun sekitar 10,9% dibandingkan dengan minggu ke-2. Pada minggu ke-1 bulan April pasokan mengalami sedikit kenaikan dibandingkan minggu ke-4 Maret, namun pada minggu ke-2 pasokan cabai mulai mengalami penurunan sekitar 9,4% dibandingkan minggu ke-1 bulan April. Sementara untuk komoditas bawang merah, pasokan bulan Maret minggu ke-4 mengalami penurunan sekitar 24% dibandingkan minggu ke-2. Pada minggu ke-1 April pasokan bawang mengalami sedikit kenaikan dibandingkan minggu ke- 4 Maret. Pada Bulan April minggu ke-2 mengalami penurunan sekitar 19% dibandingkan minggu ke-1 April (Dirjen Horti 2008).

Berdasarkan informasi di atas, kebutuhan terhadap sayuran diperkirakan akan semakin meningkat sehingga upaya peningkatan produktivitas sayuran harus terus ditingkatkan. Namun, upaya peningkatan produktivitas sering dihadapkan pada berbagai kendala sehingga dapat menghambat upaya peningkatan bahkan terjadi penurunan produksi dan menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Berbagai kendala tersebut diantaranya adalah penyempitan lahan pertanian dan peningkatan perkembangan organisme pengganggu tanaman (OPT) yang dipicu oleh perubahan iklim. Kerugian sering diderita petani pada saat musim hujan. Para petani sayuran mengeluhkan anjloknya harga beragam jenis sayuran yang disebabkan banyak komoditas sayuran yang cepat busuk akibat tergenang air hujan dan memicu munculnya hama dan patogen penyebab penyakit yang menyerang tanaman (Rukmorini 2009).

Hal serupa juga di alami oleh petani sayuran di Kawasan Lereng Gunung Merbabu dan Andong wilayah Kabupaten Magelang. Produksi sayuran menyusut sekitar 25-35% akibat meningkatnya curah hujan yang dapat meningkatkan serangan hama dan patogen sehingga tanaman tidak dapat tumbuh secara maksimal. Hal ini menyababkan petani menderita kerugian yang sangat besar. Contohnya adalah produksi tomat hanya sebesar 7,5 kuintal. Padahal pada kondisi normal produksinya dapat mencapai satu ton. Beberapa komoditas sayuran yang mengalami penurunan produksi adalah tomat yang sekitar 25%, kubis dan lombok sekitar 30% dan sawi putih sekitar 35% (Wawasan Digital 2009).

Sumber Artikel (Klik Here)
Labels: Holtikultura

Thanks for reading Kebutuhan dan Produksi Sayuran di Indonesia . Please share...!

0 Comment for "Kebutuhan dan Produksi Sayuran di Indonesia "

Back To Top