Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Susu Kambing

Susu kambing telah dikenal sejak dahulu tetapi ketenaranya masih kalah dengan susu sapi. Jika dibandingkan susu sapi, susu kambing memiliki beberapa perbedaan dalam segi warna dan bentuk globular lemak. Susu kambing memiliki warna yang lebih putih dan globular lemak susu yang lebih kecil daripada susu sapi, sehingga dapat diminum oleh orang yang mengalami gangguan pencernaan, warna putih pada susu kambing berasal dari cahaya yang direfleksikan oleh globla-globula lemak (Blakely dan Bade, 1991).

Susu kambing adalah susu yang memiliki aroma yang khas dengan nilai gizi yang tinggi. Karakteristik susu kambing, yaitu warnanya lebih putih, globula lemak susunya lebih kecil, lemak susu kambing lebih mudah dicerna serta mengandung mineral, kalsium, vitamin A, E dan B kompleks yang lebih tinggi sehingga dapat dikonsumsi bagi orang yang alergi terhadap susu sapi karena tidak mengandung beta lactoglobulin yang bersifat allergen (Budiana dan Susanto, 2005)
Susu kambing di kenal karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing memiliki perbedaan karakteristik, yaitu warna lebih putih, lemaknya lebih mudah di cerna, card proteinnya lebih lunak sehingga memungkinkan untuk dibuat keju yang spesial, mengandung mineral (kalsium, fospor, vitamin A, dan vitamin B komplek) yang lebih tinggi, dan dapat diminum oleh orang yang alergi susu sapi dan oleh orang yang mengalami berbagai penyakit pencernaan (Blakely dan Bade, 1998).

Menurut Moelijanto et al., (2002), kandungan susu kambing lebih baik daripada kandungan susu sapi, karena komposisi kimiawinya hampir setara dengan air susu ibu (ASI). Susu kambing dalam 100 g mengandung protein 3,6 g, lemak 3,8 g dan berbagai vitamin serta mineral.

Teknologi pengolahan susu bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah, keamanan pangan, preferensi konsumen dan kegiatan agroindustri dibidang susu. Teknologi pengelolahan susu biasanya diawali dengan teknologi penanganan susu yang baik, sejak dari proses pemerahan hingga susu siap diolah untuk menjadi produk-produk yang bernilai gizi tinggi seperti olahan susu menjadi yoghurt atau dadih (Abu Bakar, 2011).


Labels: Susu

Thanks for reading Susu Kambing . Please share...!

0 Comment for "Susu Kambing "

Back To Top