Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Kadar Protein Susu Fermentasi

Menurut Sumarlim (2009) salah satu komposisi susu yang paling berperan dalam fermentasi adalah laktosa, terbentuknya asam laktat hasil fermentasi laktosa susu dengan enzim laktase dari BAL.

Laktosa merupakan sumber karbon optimal bagi bakteri asam laktat yang digunakan sehingga dapat menyebabkan protein meningkat. Semakin banyak laktosa yang terkandung dalam susu berarti juga membentuk asam laktat yang tinggi, sehingga semakin banyak nilai protein yang dihasilkan sebagai metabolismenya (Yusmarini dan Raswen, 2004).

Menurut Karmana (2007), fermentasi pada susu biasanya dilakukan oleh bakteri Streptococcus dan Lactobacillus, yang akan merombak laktosa menjadi asam laktat. Berarti semakin lama pemeraman asam laktat yang terbentuk akan semakin banyak dan pH akan turun karena suasana menjadi asam, yang akan menyebabkan protein pada susu (kasein) menggumpal.

Kadar protein pada dadih selain berasal dari protein susu juga berasal dari protein dalam bakteri itu sendiri yang dapat menyumbangkan sekitar 7% dari total protein susu atau produk olahan susu (Gulo, 2006)




Labels: Dadih, Susu

Thanks for reading Kadar Protein Susu Fermentasi . Please share...!

0 Comment for "Kadar Protein Susu Fermentasi "

Back To Top