Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Jenis kerbau perah

Ada 10 jenis kerbau perah yang terbagi menjadi 3 tipe. Pengelompokan dalam tipe ini berdasarkan kepada tempat asal kerbau diternakkan. Ketiga tipe kerbau perah tersebut adalah sebagai berikut  :
  1. Western type atau tipe India utara. Tergolong tipe ini adalah :
  • Kerbau Jaffarabadi
    Kerbau ini merupakan jenis kerbau yang banyak diternakkan di daerah Gujarat India. Kerbau jantan beratnya sekitar 500 kg. Kerbau betina memiliki berat sekitar 45 kg. Ciri lain adalah kepala yang besar dan lebar, serta memiliki tanduk tipis menggantung ke leher dengan ujung melengkung. Kerbau ini menghasilkan susu 2.250-3.000 kg selama masa laktasi sekitar 10 bulan.
  • Kerbau Surati
    Kerbau ini terdapat di distrik Surati negara bagian Gujarat. Kerbau jantan beratnya sekitar 500 kg. Kerbau betina memiliki berat 450 kg.  Susu dihasilkan bisa mencapai 2.500-3000 kg selama masa laktasi 10 bulan.
  • Kerbau Mehsana
    Kerbau ini merupakan hasil persilangan antara sapi murrah dan kerbau surati. Kerbau jantan beratnya sekitar 560 kg dan betina 430 kg. Sebagai penghasil susu, kerbau perah ini sangat populer di daerah Maharastra dan Gujarat.
  1. Northern type atau tipe India utara. Tergolong dalam kelompok ini adalah :
  • Kerbau Murrah (Dehli)
    Kerbau ini diternak di daerah Uttar Pradesh, Dehli, Haryana dan Punjab. Kerbau jantan beratnya sekitar 565 kg dan betina 430 kg. Kerbau ini mampu menghasilkan susu 2.500-3.500 kg per masa laktasi (10 bulan). Di Indonesia kerbau ini banyak diternak oleh orang keturunan India di Medan, Sumatera Utara dan dikenal dengan nama Sapi Murrah.
  • Kerbau Kundhi
    Kerbau kundhi banyak terdapat di lembah sungai Indus, Pakistan. Bentuknya hampir mirip sapi murrah. Kerbau betina diperah susunya dan kerbau jantan dipakai untuk ternak pekerja.
  • Kerbau Nili dan Ravi
    Kerbau Nili terdapat di daerah Ferozepor dan Amritzar di negara bagian Punjab, India dan di Pakistan. Bentuk badan kerbau Nili lebih panjang dari sapi murrah. Berat kerbau jantan sekitar 590 kg dan betina 450 kg. Susu yang dihasilkan 10-12 kg per hari dengan masa laktasi sekitar 25 hari. Berat kerbau ravi jantan sekitar 680 kg dan betina 630 kg. Susu yang dihasilkan rata-rata 2000 kg per masa laktasi (10 bulan).
  1. South, central dan eastern atau tipe India bagian selatan, tengah dan timur. Tergolong dalam kelompok ternak tipe ini adalah :
  • Kerbau Nagpuri
    Kerbau perah ini banyak diternak di Nagpur, Maharashtra, Andhra Pradesh dan Mahya Pradesh. Kerbau ini bertanduk melengkung panjang sekali. Susu dihasilkan rendah, hanya 900-1.200 kg selama laktasi.
  • Kerbau Parlakimadi
    Kerbau ini banyak terdapat di distrik Ganyam dan Vishakhapatnam daerah Oissa (pantai timur india). Susu dihasilkan rendah yaitu sebesar 750-900 kg selama laktasi.
  • Kerbau Thwada
    Kerbau ini terdapat di dataran tinggi Nilgiri, India Selatan. Kerbau toda bertanduk panjang melengkung dan banyak dipakai untuk keperluan upacara keagamaan. Hasil susu rendah sekitar 5-7.5 kg per hari.

Nili Ravi
Kerbau ini termasuk kerbau sungai tipe perah yang banyak ditemukan di Lahore, Sheikhupura, Faisalabad, Sahiwal, Multan dan Bahawal Nagar di provinsi Punjab.Kerbau ini berwarna hitam dan memiliki berat dewasa rata-rata 800kg pada jantan dan 525kg pada betina.Kerbau ini bertanduk pendek melingkar dan kadang dijumpai warna putih pada dahi,kaki atau ekor.Hasil susu rata-rata pada 305 hari adalah 1950kg.

Surti
Surti adalah salah satu jenis kerbau sungai tipe perah yang berhabitat di barat daya Gujarat,India.Kerbau ini berwarna hitam ataupun cokelat.Bentuk tanduk tumbuh kebawah lalu mengarah keatas pada ujungnya.Berat rata-rata sekitar 450kg-800kg.Hasil rata-rata susu per 305hari adalah 1400kg.

Bhadawari
Kerbau ini merupakan kerbau tipe perah yang berasal dari Agra,India.Tubuh kerbau ini berwarna abu-abu dengan rambut berwarna tembaga.Bentuk tanduk pendek melengkung ke bawah lalu kembali ke atas.Berat badannya 400kg-700kg dan hasil rata-rata susunya per305hari adalah 1100kg.







Pandharpuri
Kerbau pandharpuri merupakan kerbau tipe perah yang berasal dari Solapur,Kolhapur dan Sangli,India.Bertanduk panjang dan tubuh berwarna hitam.Berat rata-rata kerbau ini 470kg-600kg.Hasol susu rata-rata per 305 hari adalah 1400kg.



Kerbau Murrah 
Kerbau murrah adalah salah satu jenis dari kerbau sungai yang berasal dari negara India.Kerbau ini berwarna hitam legam dan bertanduk pendek spital dan kadang dijumpai warna putih pada kepala kaki dan ujung ekor.Berat Kerbau jantan berkisar antara 400kg-800kg dengan berat rata-rata 550kg dan betina 450kg.Kerbau ini terkenal dengan susunya sehingga dipergunakan sebagai kerbau perah.India dan Pakistan adalah Pemuncak Pengekspor SusuKerbau di dunia.Di Italia susu dari kerbau murrah banyak digunakan untuk bahan baku Keju Mozzarella sebagai campuran makanan seperti Pizza.Rata rata hasil susu dalam 305 hari adalah 2000kg.


Labels: Kerbau

Thanks for reading Jenis kerbau perah. Please share...!

0 Comment for "Jenis kerbau perah"

Back To Top