Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Penggunaan Bawang Putih di Pakan Ternak

Bawang putih atau garlic berasal dari bahasa Inggris kuno “gar” yang berarti tombak atau ujung tombak, dan “lic” yang berarti umbi atau bakung. Terkadang garlic juga dinamakan dengan Allium sativum dalam bahasa latin yang berarti tumbuh (Atmadja, 2002). Bawang putih merupakan tanaman yang berbentuk umbi-umbian yang berwarna putih yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan, serta sering digunakan sebagai bahan untuk pengobatan alternatif. Para ilmuwan dari Amerika dan Rusia menemukan bahwa bawang putih mengandung minyak atsiri yang bersifat antibakteri dan antiseptik.

Kandungan allisin dan alliin merupakan antioksidan yang manjur untuk mengurangi rasa sakit pada tubuh dan membuat kolesterol tetap terjaga normal. Umbi bawang putih mengandung kalsium yang bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi, saltivine dapat mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta 7 merangsang susunan saraf, diallyl disulfide sebagai obat cacing. Bawang putih adalah tanaman yang hampir selalu tumbuh sepanjang tahun. Tanaman ini merupakan bagian dari famili bawang yang paling berbau tajam dan pedas (Hermes, 2001). Bawang putih segar mempunyai senyawa aktif yaitu γ-glutamilsistein, aliin, dan alinase. Bawang putih yang mengalami pengolahan, akan melepaskan enzim alinase sehingga mengubah sistein sulfoksida menjadi bentuk tiosulfinat.

Alisin mengandung tiosulfinat sekitar 70% yang dibentuk melalui reaksi alinase (Nagpurkar et al., 2000). Menurut Syamsiah dan Tajudin (2003) bawang putih dapat menjadi obat karena adanya kombinasi antara alisin dan skordinin. Skordinin merupakan senyawa kompleks tiodlisida yang berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa ini dapat memacu pertumbuhan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, menekan kolesterol, dan mencegah kerusakan sel akibat proses penuaan. Menurut Nagpurkar et al. (2000), manfaat bawang putih antara lain dapat menurunkan kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah, berperan dalam aktivitas antitrombotik, mencegah kanker, memberi dampak antioksidan, serta sebagai antimikrobial.

0 Comment for "Penggunaan Bawang Putih di Pakan Ternak"

Back To Top