Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Pakan Banteng

Banteng memiliki perilaku yang dominan berupa kegiatan merumput. Alikodra (1983) menyatakan bahwa pada waktu siang hari banteng lebih memilih padang terbuka dan biasanya mereka terdiri dari beberapa kawanan banteng yang berkisar antara 10-12 ekor terdiri dari banteng jantan dewasa, induk dan anakanaknya. Banteng merumput sambil berjalan berlawanan dengan arah mata angin dan selalu bersikap waspada serta selalu memperhatikan keadaan sekitarnya.

Hoogerwerf (1970) menyatakan banteng akan mulai merumput jika cuaca cukup cerah, kelompok banteng tersebut akan memilih hari yang agak berawan dibandingkan hari yang amat terik. Alikodra (1983), menyatakan bahwa jenis rerumputan yang dimakan oleh banteng diantaranya: jampang piit (Cytococum patens), rumput geganjuran (Paspalum commersonii), rumput bambu (Panicum montanum), rumput memerakan (Themeda arquens), ki pait (Axonopus compresus) dan alang-alang (Imperata cylindrical).


Banteng biasanya beristirahat setelah mencari makan pada pagi hari menjelang siang hari. Pada saat matahari bersinar terik, biasanya banteng akan beristirahat di bawah tegakan hutan. Jika cuaca cerah atau agak berawan banteng lebih sering berada di padang penggembalaan dan kadang pula banteng terlihat beristirahat di tepi pantai (Lekagul & McNeely 1977).

Labels: Banteng

Thanks for reading Pakan Banteng . Please share...!

0 Comment for "Pakan Banteng "

Back To Top