Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Kucing Lokal

Kucing merupakan hewan peliharaan yang populer di Indonesia, selain hewan lainnya, seperti anjing, burung, dan hewan eksotik (Purwantoro 2010). Kucing banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan untuk pemenuhan kesenangan ataupun hobi pemiliknya. Hal ini dikarenakan kucing memiliki sifat yang manja, bentuk tubuh yang menggemaskan, perilaku yang lucu ketika bercanda, dan memiliki rambut yang halus (Suwed dan Rodame 2011)

Kucing merupakan hewan predator yang berukuran kecil dan termasuk dalam Ordo Carnivora (pemakan daging), termasuk mamalia crepuscular yang telah berasosiasi dengan manusia. Kucing peliharaan hidup dalam simbiosis mutualisme dengan manusia. Dalam hubungannya dengan manusia, kucing menggunakan variasi vokalisasi dan tipe bahasa tubuh untuk komunikasi, meliputi meowing, purring, hissing, growling, squeaking, chirping, clicking, dan grunting (Rahman 2008).

Kucing lokal (Felis domestica) merupakan salah satu dari beberapa hewan kesayangan yang sering dijadikan peliharaan. Hal tersebut dikarenakan kucing memiliki daya adaptasi yang baik, perilaku yang lucu ketika bercanda, sifat manja, rambut yang halus, dan karakter yang unik bila dibandingkan dengan hewan kesayangan lain. Klasifikasi kucing lokal menurut Fowler (1993) adalah sebagai berikut:
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
 Kelas : Mamalia
Ordo : Carnivora
Subordo : Conoidea
Famili : Felidae
Subfamili : Felinae
Genus : Felis
Spesies : Felis domestica


Labels: Kucing

Thanks for reading Kucing Lokal . Please share...!

0 Comment for "Kucing Lokal "

Back To Top