Apa Itu Ayam Broiler ?

Posted by

Ayam broiler adalah ayam hibrida modern yang memiliki strain tertentu dari perusahaan pembibitan (Gordon dan Charles, 2002). Ayam broiler adalah ayam dengan umur potong cepat dengan kualitas daging yang baik, berserat lunak dan memiliki protein tinggi (Hardjosworo dan Rukmiasih, 2000). Ayam broiler adalah ayam yang dipelihara relatif singkat, sehingga pada umur 5-6 minggu sudah bisa dipanen, dan memiliki konversi pakan yang rendah (Prihatman, 2002).

Kartasudjana dan Suprijatna (2006) menambahkan bahwa kualitas DOC mempengaruhi hasil akhir pemeliharaan ayam pedaging, karena performa yang kurang baik bukan saja dipengaruhi oleh faktor pemeliharaan tetapi juga oleh kualitas DOC pada saat diterima. Persyaratan mutu bibit ayam broiler atau day old chick (DOC) menurut Badan Standardisasi Nasional (2005) yaitu berat DOC per ekor minimal 37 g dengan kondisi fisik sehat dan kaki normal, dapat berdiri tegak, tampak segar dan aktif, tidak dehidrasi, tidak ditemukan kelainan bentuk dan cacat fisik sekitar pusar dan dubur kering. Warna bulu seragam sesuai dengan warna galur dan kondisi bulu kering dan berkembang serta jaminan kematian DOC selama perjalanan maksimal 2%.

Ayam broiler yang berada di Indonesia seluruhnya berasal dari luar negeri. Jenis strain ayam pedaging yang banyak beredar di pasaran adalah Super 77, Tegel 70, ISA, Kim Cross, Lohman 202, Hyline, Vdett, Missouri, Hubbard, Shaver Starbro, Pilch, Yabro, Goto, Arbor Arcres, Tatum, Indian River, Hybro, Cornish, Brahma, Langshans, Hypeco-broiler, Ross, Marshall ‘’in’’, Euribrid, A.A 70, H&N, Sussex, Bromo dan Cp 707 (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 2000). Perbedaan strain tersebut umumnya terletak pada pertumbuhan ayam, konsumsi pakan, dan konversi pakan (Bell dan Weaver, 2002).


Untuk mewujudkan kemampuan genetik ayam broiler diperlukan pemeliharaan, pencegahan penyakit dan pemberian ransum yang baik maka National Research Council (1994) membuat standar kebutuhan nutrisi bagi ayam broiler. Kebutuhan protein untuk umur 0-3 minggu, 3-6 minggu dan 6-8 minggu masing-masing 23%, 20% dan 18% pada tingkat Energi Metabolis (EM) 3200 kkal/kg.

loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:13

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...