Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Karkas Sapi

Karkas sapi adalah bagian tubuh hasil pemotongan setelah dikurangi darah, kepala, keempat kaki pada bagian bawah (mulai dari carpus dan tarsus), kulit, saluran pencernaan, usus, urine, jantung, tenggorokan, paru-paru, limpa, hati dan jaringan-jaringan lemak yang melekat pada bagian tubuh, sedangkan ginjal sering dimasukkan sebagai karkas.  Faktor utama yang diperhatikan untuk menilai karkas yang dipasarkan adalah; bobot karkas, potongan karkas yang dapat dijual (cutability) dan kualitas daging  (Soeparno 1992).

Bobot karkas merupakan salah satu parameter yang penting dalam sistem evaluasi karkas.  Sebagai indikator, karkas bukanlah merupakan prediktor produktivitas karkas yang baik karena adanya variasi tipe bangsa, nutrisi dan jenis pertumbuhan jaringan, sehingga mengakibatkan penurunan tingkat akurasi.  Untuk memperkecil sumber keragaman tersebut bobot karkas perlu dikombinasikan dengan variabel lain seperti tebal lemak punggung atau subkutan dan luas urat daging mata rusuk (Suryadi, 2006).

Gambar Bagian Karkas Sapi
Faktor genetik dan lingkungan mempengaruhi komposisi tubuh yang meliputi distribusi berat dan komposisi kimia komponen karkas.  Faktor lingkungan dibagi menjadi dua kategori yaitu fisiologi dan nutrisi.  Umur, bobot hidup dan kadar laju pertumbuhan juga dapat mempengaruhi komposisi karkas (Suryadi, 2006).

            Komponen utama karkas yang diharapkan adalah proporsi daging yang maksimal, proporsi lemak optimal dan proporsi tulang minimal.  Pada umumnya penilaian hasil karkas dilakukan melalui persentase karkas.  Semakin tinggi persentase karkas semakin baik performan karkas.  Bobot karkas ada dua macam yaitu bobot karkas segar (fresh carcass weight) atau bobot karkas sebelum dilayukan dan bobot karkas layu (cold carcass weight) yaitu  bobot karkas setelah dilayukan selama kurang lebih 24 jam (Berg dan Butterfield, 1976).

Daftar Pustaka
Berg RT, Butterfield RM. 1976. New Conceptsof Cattle Growth. Sydney. Sydney
            University Press.

Soeparno. 1992. Ilmu dan Teknologi Daging. Gajah Mada University Press. Yogyakarta

Suryadi, U. 2006. Pengaruh bobot potong terhadapkualitas dan hasil karkas sapi Brahman Cross.J. Pengembangan Peternakan Tropis. 31 (1):21 – 27.


Labels: daging, karkas, Sapi Potong

Thanks for reading Karkas Sapi. Please share...!

1 Comment for "Karkas Sapi"

Mau promo sbobet yang WOW???
Klik ====> Promo judi Bola

Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

Klik >>>>>>> Daftar bola

Hubungi Segera:
WA: 087785425244
Cs 24 Jam Online

Back To Top