Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Bungkil Inti Sawit

Bungkil inti sawit (BIS) adalah hasil samping dari proses ekstraksi inti sawit. Bahan ini diperoleh dengan cara proses kimia atau mekanik (Mirwandhono dan Siregar, 2004). Satu tandan buah sawit segar menghasilkan bungkil inti sawit sebanyak 45-46%. BIS umumnya mengandung air kurang dari 10%, protein 14-17%, lemak 9,5-10,5%, dan serat kasar 12-18%. BIS mengandung serat kasar yang tinggi dan sekitar 20% protein kasar (McNab dan Boorman, 2002).

Bungkil Inti Sawit
Sumber Foto : http://usahabudidaya.com/wp-content/uploads/2014/06/Bungkil-Inti-Sawit.jpg
Menurut Elisabeth dan Ginting (2003), BIS kurang disarankan sebagai bahan baku pakan ternak non-ruminansia karena kandungan serat kasar pada BIS lebih tinggi dibandingkan bahan baku sumber protein lainnya. Menurut Adeniji (2002), ransum yang mengandung bungkil inti sawit tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, serta konversi ransum.

Peningkatan level penggunaan bungkil inti sawit (12,5; 25; 37,5; dan 50%) dalam ransum mengakibatkan penurunan level bobot badan akhir kelinci. Persentase penggunaan bungkil inti sawit sebagai pengganti bungkil kacang tanah dalam ransum yang optimal dan direkomendasikan sebagai pakan untuk kelinci lepas sapih adalah 37,5% dari total ransum (Adeniji, 2002).


Daftar Pustaka

Adeniji, A. A. 2002. The replacement value of palmkernel cake for groundnut cake in the diets of weaner rabbits. Journal of Livestock Production Science 85: 287-291.

Elisabeth, J. & S. P. Ginting. 2003. Pemanfaatan hasil samping industri kelapa sawit sebagai bahan pakan ternak sapi potong. Prosiding Lokakarya Nasional. Bengkulu.

Mirwandhono, E. & Z. Siregar. 2004. Pemanfaatan hidrolisat tepung kepala udang dan limbah kelapa sawit yang difermentasi dengan Aspergillus niger, Rhizopus oligosporus dan Thricoderma viridae dalam ransum ayam pedaging. Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Medan.


McNab, J. M. & K. N. Boorman. 2002. Poultry Feedstuffs: Supply, Composition, and Nutritive Value. CABI Publishing, Oxfordshire.
Labels: Bahan Pakan, Ransum

Thanks for reading Bungkil Inti Sawit. Please share...!

0 Comment for "Bungkil Inti Sawit"

Back To Top